Sabtu, 09 Juli 2011

EC (E Commerce)

0
Manfaat EC bagi konsumen
1.Konsumen dapat berbelanja atau melakukan transaksi lain 24 jam per harisetiaptahun dari mana saja
3.Menyediakan lebih banyak pilihan.
4.Dapat mencari produk atau jasa dengan harga yang lebih murahdengan caramelihat banyak toko dan melakukan perbandingan cepat.
5.Delivery produk dan jasa lebih cepatterutama produk digital
6.Dapat menerima informasi yang relevan dan detail secara cepat
7.Punya kemungkinan untuk terlibat dalam lelang virtual
8.Dapat berinteraksi dengan konsumen lain dalam komunitas elektronik danbertukar ide ataupun membandingkan pengalaman

Model Bisnis Umum di EC


1.Direct to customeryaitu melakukan penjualan melalui hubungan yang terjalinsecara langsung antara perusahaan dengan pelanggannya;
2. full-service Provideryaitu menyediakan berbagai fasilitas dan jasa (sumberdayayang dibutuhkan oleh perusahaan lain dalam menjalankan operasibisnisnya;

3.Whole of Entepriseyaitu menawarkan fasilitas satu pintu (single point ofcontactkepada pelanggan yang membutuhkan pelayanan tertentu yangmelibatkan banyak pihak (perusahaan);
4.Intermediariesyaitu menjadi perantara (broker) dari berbagai jenis keperluan(berdasarkan data, informasisegemen industri, komunitasdsb);
5. Shared Infrastructureyaitu menawarkan penyewaan terhadap berbagaiinfrastruktur teknologi informasimeliputi databaseaplikasiperangkatkeras, dan jaringan; 
6. Virtual Communityyaitu memanfaatkan komunitas yang ada di dunia mayauntuk berbagai keperluan seperti penwaran berbagai produk dan jasadigital; 
7. Value Net Integratoryaitu mengintegrasikan berbagai entiti atau sumber dayayang ada di internet agar produk-produk atau jasa-jasa baru yang belumpernah ada sebelumnya dapat ditawarkan kepada padar dan calonpelanggan; 
8. Content Provideryaitu menawarkan pelayanan pembentukan dan distribusidata, informasiknowledge(contentyang bernilai tinggi kepada pelanggan. 
9. InfoMediary yaitu kemampuan dalam menyampaikan dan mendapatkan informasisecara cepat dengan adanya virtual community. 
10. Procurement yaitu menawarkan jasa dalam mengurangi cost diantaranya yangberkaitan dengan biaya penyimpanan barang(inventory cost) dan biayaadministrasi (overhead).
11. Lelang (Auctionyaitu penawaran barang dalam model lelang yang jika sipenawar tertinggi yang bisa mendapatkan produk yang diinginkan. 
12. Brokerageyaitu menawarkan jasa perantara dalam menghubungkan calonpembeli (customerdengan pedagang (merchants). 
13. Affiliate marketingpengaturan dimana sebuah mitra pemasaran (perusahaan,organisasi atau individuyang merujuk konsumen pada Web Site tertentu 
14. Viral marketingpemasaran mulut ke mulut dimana konsumen mempromosikansebuah produk atau jasa kepada teman atau orang lain melalui internet.

E-Commerce

0

Ecommerce, atau Electronic Commerce merupakan salah satu teknologi yang berkembang pesat dalam dunia per-internet-an. Penggunaann sistem E-Com, begitu biasanya Ecommerce disingkat, sebenarnya dapat menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Di Indonesia, sistem Ecom ini kurang populer, karena banyak pengguna internet yang masih menyangsikan keamanan sistem ini, dan kurangnya pengetahuan mereka mengenai apa itu E-Com yang sebenarnya.
Bagi pihak konsumen, menggunakan E-Com dapat membuat waktu berbelanja menjadi singkat. Tidak ada lagi berlama-lama mengelilingi pusat pertokoan untuk mencari barang yang diinginkan. Selain itu, harga barang-barang yang dijual melalui E-Com biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di toko, karena jalur distribusi dari produsen barang ke pihak penjual lebih singkat dibandingkan dengan toko konvensional.
Online shopping menyediakan banyak kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan dengan cara belanja yang konvensional. Selain bisa menjadi lebih cepat, di internet telah tersedia hampir semua macam barang yang biasanya dijual secara lengkap. Selain itu, biasanya informasi tentang barang jualan tersedia secara lengkap, sehingga walaupun kita tidak membeli secara on-line, kita bisa mendapatkan banyak informasi penting yang diperlukan untuk memilih suatu produk yang akan dibeli